Ulah Manusia Bikin Hoax Lebih Cepat Menyebar

Twitter - by Noticias.com.jpg
pict: Noticias

Dalam era teknologi saat ini, masalah penyebaran HOAX sepertinya masih belum bisa dengan mudah untuk segera teratasi. Sebab, penyebarannya lebih sering diakibatkan oleh ulah manusia sendiri, bukan karena akun-akun bot. Tidak percaya?

Hal tersebut merupakan hasil riset dari para peneliti Media Lab dari Massachusetts Institute of Technology.

Dalam semua kategori, berita palsu atau hoax dapat menyebar luas lebih cepat dibanding berita benar. Berdasarkan hasil studi yang dipublikasikan di Jounal Science itu, menjabarkan bahwa hoax, 70 persen lebih berpotensi untuk diteruskan (retweet).

Dilansir The Verge, Kamis (8/3/2018), hasil penelitian itu didapat setelah para penelitinya memeriksa sekitar 126 ribu postingan yang dibagikan sebanyak lebih dari 4,5 juta kali oleh tiga juta orang di Twitter sejak tahun 2006 hingga 2017.

Semua jumlah postingan yang dipilih dalam penelitian tersebut ditinjau ulang oleh enam organisasi pengecekan fakta independen termasuk Politifact, Hoax Slayer dan Snopes.

Terlebih lagi, penelitian itu menunjukkan bahwa berita palsu bisa tersebar ke lebih dari 100.000 orang. Berbeda dengan berita yang sebenarnya, yang justru jarang menyebar hingga 1.000 orang lebih.

Salah satu anggota penelitian yang juga seorang professor manajemen di Massachusetts Institution of Technology, Sinan Aral mengatakan jika timnya ingin lebih memahami penyebaran hoax dan mencari solusi yang paling memungkinkan.

Lebih lanjut, Aral menyarankan perusahaan seperti Twitter ataupun Facebook agar berusaha lebih untuk mencegah penyebaran berita palsu di platform mereka. Salah satunya, ia juga mengatakan bahwa setiap sumber berita perlu diberi label berdasarkan kredibelitasnya.

Tim peneliti turut menggarisbawahi, bahwa jumlah hoax berita politik masih mendominasi keseluruhan jumlah dari berita-berita palsu di kategori lainnya, semisal terorisme, urban legend, maupun sains. (ara)

Advertisements

One thought on “Ulah Manusia Bikin Hoax Lebih Cepat Menyebar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s