Panggung “Trio” UMBY

UMBY - Liputan6.JPG
sumber gambar: Liputan6.com

Pada tahun 2017 ini, Universitas Mercubuana Yogyakarta (UMBY) telah resmi memiliki 3 total jumlah gedung kampus yang dipergunakan sebagai kegiatan belajar-mengajar aktif untuk para mahasiswanya. Hal ini menjadi pembuktian berkembangnya UMBY sebagai salah satu PTS yang terdapat di Yogyakarta.

Selain memperkuat eksistensi Universitas, ketiga gedung kampus UMBY tentunya membukakan ruang aksesibilitas yang variatif bagi para mahasiswanya. Hal ini didukung oleh mekanisme kampus yang membolehkan (calon) mahasiswa untuk memilih kampus mana yang akan menjadi pusat kegiatannya selama menjalakan masa studi mereka. Apalagi, jika kita melihat interest dari tiap individu mahasiswa yang tentunya berbeda-beda dalam mempertimbangkan pemilihan kampus, baik secara umum ataupun secara khusus seperti yang diberlakukan UMBY.

Keberagaman secara umum, mahasiswa memilih perguruan tinggi mana yang akan mereka ambil dengan mempertimbangkan lokasi dan aksesibilitas akomodasi. Penyebaran “trio” kampus UMBY di beberapa titik wilayah memberikan warna akomodasi yang berbeda-berbeda satu sama lainnya. Dalam hal ini, variasi coverage atau lingkar aksesibilitas dari masing-masing gedung perkuliahan yang ada. Akibatnya, UMBY bisa menjangkau interest dari para (calon) mahasiswa melalui segi pertimbangan lokasi itu tadi. Bahkan, mengungguli kampus-kampus yang memusatkan seluruh kegiatan operasionalnya pada satu gedung (tunggal) saja.

Setiap titik lokasi dari ketiga kampus UMBY tersebut, jelas memiliki perbedaan masing-masing baik dari segi suasana kampus dan sekitar kawasan, maupun aksesibilitas penunjang perkuliah lainnya. Sebagai contoh, Kampus 3 UMBY yang berada di jalan Ringroad Utara, Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta, misalnya. Secara lokasi, cukup berdektan dengan beberapa kawasan penting, seperti daerah Seturan, Maguwoharjo, Gejayan, dan beberapa titik lain. Kawasan-kawasan akomodatif seperti itu tentu memberikan kemudahan bagi para mahasiswa ketika mengikuti kegiatan perkuliahan nantinya.

Kampus 3 UMBY dengan Kedua gedung kampus lainnya, tentu memiliki perbedaan jika kita ingin membanding-bandingkan. Dalam hal ini, lingkar aksesbilitas yang ditawarkan oleh ketiga gedung kampus UMBY, sehingga memberikan beberapa opsi bagi mahasiswa terkait dengan interest-nya dalam hal aksesibilitas, akomodasi, ataupun awareness “akrab tidaknya” dengan kawasan tempat berdirinya kampus. Ibarat grup musik di atas suatu panggung, tiga gedung UMBY memainkan alat musik sekaligus menguasai zona panggungnya masing-masing. Harpist di sisi kiri, sedang Pianist di bagian tengah dan si Drummer berada di kanan panggung. (ara)

Advertisements

12 thoughts on “Panggung “Trio” UMBY

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s