Makan Mesra #1

easy-diy-money-indicator-light-makes-sure-you-always-have-cash-your-wallet-w654
Kosong. (img.wonderhowto.com)

Lagi enak-enaknya ngejemur baju di pojokan dapur tadi sore. Ya, dapur kostan ane emang multifungsi. Ketika urunan isi ulang gas belum terlaksana, dapur bertranformasi sebagai spot alternatif penjemuran baju. Ada sih, tapi di atas loteng, cuman ane paling males naik turun plus rada trauma juga sama hujan yang tiba-tiba. Prefer yang mana? Yup, di mana aja asal jangan di atas. Kalo pas terpaksa, laundry saja. Beda kalo sohib-sohib kostan yang lain. Mereka rajin jemur di bagian atas yang jauh sana. Heran. Oh, ya deng. Mereka rajin juga “nitip” jemuran.

“Om, ente di mana? Kalo hujan, tulung jemuran ana di atas, ye? Ana masih di luar (padahal males pulang) ni. Agak banyak tapi. Hehehe,” bunyi pesan singkat yang khas di kala mendung datang.

Eh, tapi. Kok ane bahas jemuran panjang lebar, yak!? Sorry, terlalu bersemangat. Pas nulis ini ane lagi belum ngantuk dan gak ada kerjaan. Hmmm…

Jadi gini, pas tadi sore, tepatnya sekitar empat jam sebelum maghrib tiba, ane lagi sibuk ngurusin pakaian yang mesti dijemur. Ini dilatarbelakangi oleh rencana pulang kampung yang sebentar lagi. Dua ember cucian, satu ember pakaian putih, satunya lagi pakaian warna-warni. Tapi, perlu diketahui, waktu rendamnya (gak sengaja, jadi) satu hari. Asli kebangetan! Alhasil, baunya semerbak. Wangi-wangi gimana… gitu. Hahahaha.

Jemar-jemur usai sekitar jam 16.30 (belum maghrib), perut lagi-lagi mulai berdemo. “Aduh, gak sesuai target, nih. Cuciannya kurang banyak, asem!” kira-kira begitulah ane berpekik dalam hati waktu itu.

Sebab laper sudah tiba di depan gerbang kedutaan, spontan ane cek dompet yang asli kalo ane tahu dompet ane kosong. Ngarep banget pas itu duit nyelip di bagian-bagian tak terduga seperti di cerita-cerita… malin kundang? Mungkin. Hahaha.

Tiba-tiba smartphone lawas ane berbunyi, dompet ane tutup. Pemandangan indah saat itu, ketika panggilan masuk menuliskan “dari Mama”. Nah, ini pucuk ulam pun tiba meski tak ditunggu-tunggu. Sret, ane angkat dah tuh telepon.

“Hallo, Ma’. Assalamu’alaikum. Kenape?”

“Wa’alikumsalam. Eh, kamu kapan pulang?” tanya beliau, merdu saat itu.

“Tanggal 14 adek balek, Ma’. Lewat bawah,” jawab ane padet.

“Oh, iyadah. Uang tiketnya gimana? Perlu Mama’ kirimin? Berapa mau dikirimin?” asli, ini suara yang sangat-sangatlah merdu.

“Nah, itu. Mungkin Rp500.000,- aja, Ma’. Honor belum ada soalnya ni. Mau Bebuke (Berbuka –red) juga masih sadis, nih,” ane, cengengesan. Muka berseri, merah sedikit merona. Asek!

“Oh, iya dah. Besok pagi Mama’ kirimin.” jleb, langsung mendadak ane ngerasa di PHP-in. Ane ulang, di pehape –in.

“Iya dah, Ma’. Sip. dan bla… bla… bla…” obrolan pun berjalan dengan sekenanya. Duh!

Oke, Tenang. masih ada playlist yang bisa jadi penghibur. Terimakasih, Silampukau. Lagu-lagunya pas buat penderitaanku sore tadi. Ya, simak lagu terus sampe adzan maghrib pun ane bingung mau buka pake apaan. Laper? Iya, tapi akibat lagu-lagu macam “Lagu Rantau” dan “Balada Harian” cukup membuat ane tersindir. Liriknya pas banget.

*  *  *

Teman-teman kostan yang udah pada di kampung halaman, dapet salam dari Kost-324! – Ane DKK.

Peluk guling dengan mesra, tekan guling ke bagian perut, dan peluk erat-erat. Adzan maghrib sungguh membawa dualisme sisi saat itu. Hahaha, malu-maluin, sumpah!

*  *  *

Postingan ini semacam pesan khusus yang dibuat dari dorongan sohib-sohib kostan yang belum –bahkan salah sebijinya nggak bisa pulang kampung buat lebaran bareng keluarga di rumah. Siapa dia? Lanjut di postingan selanjutnya, ya? Hehehe, lihat kapan sempetnya saja, deh. #1

Advertisements

2 thoughts on “Makan Mesra #1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s