A Hero Need Heroes Too

fdjdfjdfjjfgvjfgjgjyihuodgs
(sumber gambar: buat sendiri)

Siapakah pahlawan di hidupmu? Orang tua? Keluarga? Guru? Dokter? atau mungkin Satpam Komplek? Hehehe. Ya, siapapun kita. Kita pasti butuh sosok “pahlawan”, bukan? Sadar ataupun tidak, kita pasti membutuhkan sosok itu, siapapun atau apapun bentuknya. Apa kita masih ingat pelajaran IPS sewaktu berseragam sekolah dulu? Ya, kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bergantung dengan yang lainnya, bukan?

Begitu juga dengan seorang pahlawan yang juga butuh sosok pahlawan bagi dirinya sendiri. Ah, apa iya? Hancock misalnya. Tanpa seorang Ray, Hancock mungkin akan selalu dianggap sebagai sosok pengacau kota, bukannya sebagai ‘A Real Hero’ bagi masyarakat. Begitu juga dengan Spiderman, jika saja tidak ada seekor laba-laba yang menggitinya, Peter Parker akan tetap menjadi Peter Parker yang biasa tanpa ada embel-embel “Manusia Laba-laba”, bukan? Ya, Spiderman juga punya pahlawan bagi dirinya sendiri. Contoh lainnya, duet Alladin dan Jin lampu ajaibnya misalnya, dan tentu masih ada banyak refrensi yang relevan untuk mencontohkan dan mencocokkan ini.

Di kehidupan nyata? Jawabannya pasti ada! Mari kita bertanya sekali lagi. Siapakah pahlawan dalam hidup kita? Jawabannya mungkin berbeda di masing-masing orang tapi yang jelas pasti ada. Cobalah merenungkannya sejenak. Terlalu naif jika kita menjawab “tidak ada”, bukan?  Nah, jika “tidak ada” yang ane maksud itu berubah, tidak ada salahnya juga kita untuk berasumsi atau menebak-nebak bahwa sosok pahlawan versi kita juga punya pahlawan bagi dirinya sendiri. Ini bukan soal benar-salahnya tebakan kita itu. Ini hanya untuk mengajak kita membayangkan bahwa sikap heroisme itu masih ada. Jangan sampai kita masuk ke dalam segelintir orang-orang yang “sedikit” sombong bersuara bahwa dirinya tidak butuh pahlawan dalam hidupnya.

Tapi sebelum itu, kita sederhanakan label “Pahlawan” itu terlebih dahulu. Jangan melulu mempersepsikan atau menganggap pahlawan itu hanya seperti Spiderman (berkekuatan super) atau Pahlawan Kemerdekaan, karena siapapun bisa menjadi pahlawan bagi orang lain, bahkan dengan perbuatan-perbuatan yang sederhana sekalipun.

Some people don’t believe in SUPER HERO. But…

Ya meskipun, ada segelintir orang yang mengatakan bahwa dirinya tidak butuh sosok pahlawan itu. Tapi ane yakin, ada banyak pahlawan bagi dirinya. Ada banyak pahlawan yang menghiasi hidupnya. Hanya saja, ia tidak menyadarinya, atau mungkin, ia (justru) enggan menganggap keberadaan sekelilingnya? Ah, jangan begitu. Jika kamu beranggapan seperti itu, tentu rasanya sangat disayangkan. Baik, jangan terlalu jauh, Ayah dan Ibu kita sangatlah pantas kita predikatkan sebagai pahlawan. Tapi, mereka akan berharap bahwa kita, anak-anaknya bisa pahlawan yang membahagiakan keduanya, bukan? Atau jika kamu adalah seorang yang kaya karena berdagang, ada sosok pahlawan “berbaju” pembeli yang paling berkontribusi mengangkatmu berdiri dengan banyaknya laba. Jika kamu adalah sosok yang pandai dengan gelar di belakang nama, jelas ada banyak sosok pahlawan dengan “baju” berbeda-beda yang mengangkatmu.

“Jangan gengsi untuk memberikan kesempatan orang lain untuk menjadi pahlawan, dan jangan takut untuk menjadikan dirimu sebagai pahlawan”.

“A Hero Need a Hero Too”. Pahlawan Super saja membutuhkan sosok lain untuk membantunya berdiri, dan mendengarkan setiap kegundahannya. Apalagi “pahlawan” biasa seperti kita, bukan? Jadi, jangan berpikir untuk berjalan sendirian atau berpikir bahwa kita berjalan dalam kesendirian. Karena ada banyak calon pahlawan yang menemani perjalananmu dan ada banyak orang yang mungkin membutuhkan sosok pahlawan sepertimu, kawan.

#CMIIW 😀

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s