Narkoba, Darurat Tindakan Preventif !

sumber gambar (kepri.bnn.go.id)

Langsung aja, ye….

Narkoba, ane benci dampak negatif dari narkoba. Namun apakah hukuman mati cukup menimbulkan efek jera ? Hukuman mati mungkin bisa dimasukin ke ranah tindakan rehabilitatif, but… yang kita butuhkan adalah tindakan preventif alias pencegahan dari gelayut teror Narkoba itu.

Satu hal, orientasi yang harusnya terbentuk adalah “TIDAK UNTUK NARKOBA” karena dampak menjijikannya. bukannya “TIDAK UNTUK NARKOBA” karena adanya gema ancaman hukuman mati yang terkesan intimidatif.

Kita jelas, sangat jelas akan mendukung pemberantasan NARKOBA, tapi alangkah baiknya jika kita juga tidak melupakan fokus pada tindakan preventif itu tadi. Bukankah Mencegah itu lebih baik daripada mengobati ? Saya seringkali mendengar kata mutiara ini “Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati”.

Lalu, apakah saya tidak setuju dengan Hukuman Mati ? Saya tidak menyebutkan bahwa “saya tidak setuju” dengan hukuman mati, saya cukup setuju dengan itu karena itu untuk efek jera, terserah efek jera itu efektif atau tidaknya. Yang jelas, Jawaban saya “gak peduli” hahahaha 😀 . Selama itu dilakukan untuk atau alasan memberantas Narkoba, Why Not ? Toh, juga hukuman mati tidak melanggar UU yang berlaku.

Tapi yang bergelayut di otak saya ialah sebuah pertanyaan, “Tindakan Preventif-nya kemana ??” Tindak preventif ini yang jelas penting, jelas sangat tepat jika difokuskan sebagai senjata untuk mematikan “pesona” Narkoba. Hal inilah yang seharusnya jadi prioritas, bukan prioritas pemerintah saja tapi juga kita, masyarakat indonesia. Sudah jelas pemberantasan Narkoba harus dijadikan sebagai agenda kolektif bangsa sama seperti Pemberantasan Korupsi. Namun, sebaiknya tidak terus-terusan berpangku pada gaya rehabilitatif saja, melainkan juga bagaimana caranya mencegah dan membentengi bangsa dari “pesona” Narkoba itu.

#CMIIW

Advertisements

One thought on “Narkoba, Darurat Tindakan Preventif !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s