Mahasiswa AKINDO Kunjungi Redaksi Tribun Jogja

Kantor Redaksi Tribun Jogja
Kantor Redaksi Tribun Jogja

AKINDO – YOGYAKARTA – Akademi Komunikasi Indonesia (AKINDO) menggelar kegiatan kunjungan media (media visit) ke kantor redaksi TRIBUN JOGJA yang terletak di jalan Jenderal Sudirman No.52 Gondokusuman, Yogyakarta pada Jumat (12/12/2014) lalu.

Kunjungan media yang diikuti oleh 32 mahasiswa prodi Public Relations (Humas) dan seorang staf pengajar ini merupakan kegiatan praktek mata kuliah Dasar-dasar Jurnalistik. Mereka disambut oleh Socmed Specialist Tribun Jogja, Mona Kriesdinar yang bertanggung jawab mengenai pemberitaan online melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Path.

Pertemuan berlangsung hangat dan interaktif menyusul banyaknya pertanyaan yang diajukan para mahasiswa seputar dunia jurnalistik mulai dari profesi, tuntutan, tantangan, dan hambatan termasuk pula proses terbit dan pendistribusian berita baik cetak maupun online. Serta gambaran tentang korelasi antara profesi PR (Public Relations) dengan media massa pun ikut menjadi materi pembahasan oleh Mona.

 Mengapa Profesi Public Relation dikatakan memiliki korelasi dengan dunia Jurnalistik dan Media Massa? Mona menjelaskan profesi humas erat kaitannya dengan media massa, salah satunya publisitas yaitu untuk menginformasikan setiap kegiatan dan kebijakan perusahaan atau organisasi demi terciptanya image yang baik terhadap khalayak luas.

 Untuk memudahkan publisitas tersebut, tambah Mona, seorang Public Relations (Humas) harus mampu mengeksploitasi media massa yang memang menjadi salah satu elemen penting untuk mendukung publisitas yang luas. Maka dari situlah seorang Public Relations dituntut mampu menciptakan kualitas Media Relations yang baik.

“Seorang Public Relations dituntut menciptakan kualitas relasi yang baik dengan publik, termasuk juga relasi dengan media massa (Media Relations).” Terang alumni jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY) ini.

Sesi foto bersama antara mahasiswa AKINDO yang hadir dengan karyawan redaksi Tribun Jogja, tak terkecuali Mas Mona menjadi Penutup Acara yang dilangsungkan mulai pukul 15.00 hingga pukul 16.30 tersebut. (ZA-h)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s